Boleh atau Tidak Cuci Mesin Mobil Pakai Air?

Membersihkan mesin mobil memang terdengar sepele. Namun, akan memberikan akibat besar kalau salah langkah dalam hal penanganannya. Sebut saja selagi hendak \'mencucinya\'.

Menurut Octa Bond, sebagai pemilik Orange Garage, di Bintaro, Jakarta, tips membersihkan mesin mobil yang baik & benar yaitu di selagi mobil dalam keadaan hangat, bukan panas. Sehingga apabila hendak membersihkan mesin mobil, kamu perlu memanaskan mesin mobil sebentar.

“Banyak hal yang dapat dilakukan sendiri buat menjaga kebersihan mesin mobil, sebab perawatan berkala buat mesin sangat mempengaruhi performa mesin,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Kamis 23 April 2015.

Kata dia, langkah pertama membersihkan mesin mobil yaitu dengan menyemprotkan cairan engine clean yang mampu merontokkan debu, oli, gendut & lain-lain, dengan keadaan mesin mobil masih hangat (bukan dingin).
Agar mendapatkan kebersihan yang maksimal, kamu juga dapat memakai kuas sesudah disemprot dengan engine clean tersebut. Langkah selanjutnya, gunakan dressing buat membersihkan mesin, dengan tips disemprotkan ke mesin, sebelumnya dilap dengan kain higienis buat menjaga mesin tetap bersih.

Untuk membersihkan mesin, kata Octa, sebaiknya pemilik menghindari penggunaan air. kalau terpaksa, lakukan pembersihan dengan memakai kain lap atau kuas kecil yang dibasahi air.

Lalu, lap atau sikatlah bagian mesin dengan hati-hati. Pastikan kalau nggak ada air yang masuk ke komponen sensor melalui soket-soket kelistrikan.

\"Jika mencuci mesin mobil dengan air, akan menimbulkan kerak-kerak. Jadi sebaiknya pakai tips lain,\" kata dia.

 

Dealer Mobil Honda :

Dealer Honda Semarang

Dealer Honda Solo