Apakah Boleh Isi Bensin dengan Kondisi Mesin Hidup?

Pemberitahuan buat nggak melakukan pengisian bahan bakar minyak (BBM) dalam kondisi kendaraan menyala setelah jelas tertulis dalam area SPBU. Namun, imbauan tersebut acapkali diabaikan oleh sebagian pengendara.

Lantas, apa sebetulnya yang mendasari banyak SPBU melarang para pengendara menyalakan mesin selagi mengisi bensin?

Acin, kepala mekanik Aneka kawan Bengkel di daerah Kebon Pisang, Jakarta Barat, menjelaskan, kalau kendaraan dalam kondisi menyala mengandung banyak genre listrik.

\"Ketika mesin sedang hidup, di dalam kendaraan terdapat banyak sekali genre listrik. Mulai sejak genre listrik sejak aki ke coil, sebelumnya genre listrik yang melewati kabel busi, sehingga hal tersebut sangat berbahaya apabila kondisi mesin menyala & melakukan pengisian bahan bakar,\" ujarnya kepada VIVA.co.id, Selasa 14 April 2015.

Acin menambahkan, kecenderungan terjadinya electric static sejak belt yang berputar sangat berbahaya, ditambah bila adanya kebocoran sejak kabel, serta bunga api sejak knalpot.
\"Lebih baik mencegah, sebab bensin sangat mudah menguap. Kawasan di SPBU itu cukup terkepung oleh uap bensin, sehingga tak boleh ada yang memicu terjadinya percikan api,\" kata beliau lagi menjelaskan.

Sementara itu, Doni, salah seorang petugas SPBU di kawasan Utan Kayu juga mengungkapkan, kendaraan roda empatlah yang biasanya bandel melakukan pengisian bensin dalam kondisi mesin menyala.

\"Saya sering tegur, tetapi kebanyakan sejak mereka justru kesal selagi ditegur, padahal setelah ada imbauan buat mematikan mesin,\" kata beliau kepada VIVA.co.id.

Ia berharap, supaya pemberitahuan bagaikan tersebut lebih diperhatikan oleh para pengendara, sehingga kejadian yang merugikan diri sendiri, serta orang beda nggak terjadi.

 

Dealer Mobil Honda

http://www.id-honda.com/2015/02/harga-cash-kredit-mobil-honda-palembang.html

http://www.id-honda.com/2015/01/harga-mobil-honda-di-lampung.html